Untungnya gw bawa buku tentang travel ke Malang, jadi paling gak masih ada gambaran dikit lah tentang kota ini. Even I've never been here before! Narsis awalnya dimulai di depan pintu keluar stasiun yang menampilkan neon light bertuliskan "MALANG". Mau ngebilang aja kalo gw tuh pernah di Malang getoh. Heheheh....
Setelah beli minuman dingin ples sikat gigi buat Kak Ari, gw langsung nyari Hotel Helios. Hotel ini adalah rekomendasi pertama yang gw temuin di buku travel tersebut. Pas gw telepon dari Jakarta, harga di buku dengan harga hotel yang real sudah banyak mengalami perubahan. Ya iyalah, buku tersebut dicetak 2011, sedangkan gw ada di tahun 2013. Harganya pun lumayan jauh beda. Tips dari gw, mending lo gak usah percaya sama harga yang ada di dalam buku referensi yang lo bawa. Karena pastinya setiap tahun mereka pasti sudah mengalami penyesuaian harga. Kalo bisa juga, hotel nya sudah dibooking sebelum berangkat ke tempat tujuan, takut2 kalau sampai sana ternyata hotelnya sudah penuh.
Hotel Helios sendiri seperti yang dituliskan di buku, merupakan salah satu hotel recommended dari sang penulis. Si Penulis juga bilang bahwa hampir semua orang yang ada di sekitar stasiun tahu yang namanya hotel tersebut. Setelah gw nanya letak hotel tersebut, seorang bapak2 langsung menunjukkan letak hotel tersebut. Kalo dari pintu keluar stasiun Malang, kita ambil kanan, jalan trus kira-kira 100 meteran sampai nemu perempatan, nyebrang ambil belokan ke arah kiri. Masuk terus hingga 20 meteran, hotel Helios ada di sebelah kanan persis di perempatan. Ditandai dengan adanya beberapa mobil Land Rover parkir di depan maupun sekitarnya.
Hotel Heliosnya sendiri sangat bagus sekali menurut gw. Masuk ke dalam ada patung singa di kiri dan kanan sebelum pintu masuk. Lalu setelah itu ada lobi. Oiya di depannya, ada juga backpacker tour and travel, yang nantinya bakal jadi salah satu pilihan gw buat ngambil paket jalan-jalan. Overall, hotel ini sangat nyaman deh.
Untungnya di Jakarta gw udah booking hotel ini, jadi gw masih kebagian kamar. Tapi kebetulan gw dateng pas weekday jadi memang masih banyak yang kosong. Mengikuti budget yang ada, gw milih kamar standard with fan. Mikirnya sih, "Di Malang kan udah dingin, ngapain juga pake AC,". Harga per malemnya Rp. 200.000,-. Kak Ari langsung booking buat 2 hari, jadi gw sama kak ari patungan 200.000,-. Harga segitu udah termasuk breakfast loh!
Hotel Helios sendiri juga menyediakan kamar superior with AC , Deluxe, Super Deluxe, dan standard (kamar mandi luar). Selain itu dia juga menyediakan kamar rame2 yang kayaknya diperuntukkan buat bule2 yang nginep. Untuk lebih jelas harga dan tipenya, lo bisa liat klik HOTEL HELIOS.
| Nyampe hotel langsung keluarin semua isi tas |
| Twin bed yang nyaman |
| Standard with Fan |
| Kamar yang kecil tapi ngangenin |
| Ada TV bagi yang suka nonton |
| Cafe tempat makan yang cozy |
| Penampakan kamar dari luar |
| Cafe yang dikelilingi kolam |
| Lobby hotel |
Setelah naro tas, gw langsung ke biro perjalanan backpackeran yang ada di depan hotel. Gw dan kak ari langsung diterima petugasnya. Kita ngambil paket Bromo komplit yang berangkat midnight. Karena kebetulan udah ada 3 orang yang daftar duluan jadi gw dan kak hari dapat harga 450rb. Semakin dikit orang yang ikut tour harga akan semakin mahal. Si petugas juga menjelaskan rute perjalanan yang akan kita lalui. Kita juga langsung ngambil paket Pulau Sempu seharga 500rb karena kebetulan yang ikut baru gw sama Kak ari. Dua orang perempuan usia kuliahan juga menanyakan tentang Pulau Sempu tapi mereka masih ragu. Jadilah terencana perjalanan kita, Bromo Kamis dini hari, Pulau Sempu Jum'at pagi.
Kenapa gw sama kak ari memutuskan pake EO? Alasannya adalah kita berdua gak mau ribet! Jadi tinggal bayar dan jalan deh... Mungkin klo gak pake EO biaya bisa lebih murah, namun bisa jadi lebih ribet.
Usai meluruskan kaki, rapih2 baju dan barang bawaan, serta mandi siang, gw langsung hunting tempat untuk lunch. Kebetulan tadi sempet ngeliat2 beberapa restoran sederhana sepanjang jalan menuju hotel.
Karena udah lapar banget (makan terakhir hanyalah pop mie yang diberikan sebagai konsekuensi ketelatan KA), gw dan kak ari akhirnya memutuskan untuk makan di sebuah Kafe yang namanya Kongkow Kafe (@kongkow_Cafe). Kalo dari luar sih keliatannya biasa aja, cuma Kafe ini emang terletak di pinggir jalan dan tempatnya yang emang stategis persis di perempatan jalan.
Masuk kedalam terlihat beberapa anak SMA dan kuliahan. Kayaknya emang ini tempat gaulnya anak-anak Malang deh. Interiornya pun simple, cukup bangku2 kayu dan beberapa kamar yang duduknya lesehan. Gw sama kak Ari langsung ngambil tempat di pinggir gak jauh dari pintu masuk.
Menu makanan yang disajikan amat sangat unik dan kreatif dari segi penamaannya. Mereka mencampuradukkan nama-nama artis luar negeri beken sebagai nama makanan dan minumannya. Misalnya nama minuman yang gw pesen ada unsur nama2 si Justin Bieber. Gw lupa banget nama menunya saking susah buat dihafal...hahaha... Pokoknya semua bernuansa artis LN dan film2 deh. Kayak nasi goreng Hulk, Iron Man, dll.
Kak Ari mesen nasi bakar and minuman yang ada unsur nama Katy Perry nya. Gw pesen minuman Justin bieber dan nasi udang gitu deh namanya. Ples sate campur sari. But what??? Ya ampppyyuuuunnnn.......nunggu makanannya seabad! Kayaknya baru lebih dari 30 menit tuh pesenan akhirnya datang juga. Kak Ari yang emang udah kelaparan jadi makin gelisah. Tapi untuk minuman dan sate campur sari tersebut dhidangkan gak sampe sepuluh menit. Begitu makanan datang, langsung deh diganyang dengan cepat...hahaha...Tapi sayangnya minumannya udah abis duluan karena saking lamanya nunggu hidangan. Kak Ari memutuskan gak beli minuman tambahan, klo gw, langsung pesen lagi deh yang berbau2 cappucino.
| Kongkow Kafe |
| Meja dan kursi yang semuanya terbuat dari kayu |
| Desainnya yang so minimalis |
| Tepat di pinggir perempatan jalan |
| Parkir motor terpaksa pake jalan karena gak ada tempat parkirnya |
| Nasi bakar pesenan Kak Ari |
| Super duper pedes yang bikin Kak Ari keringetan abisss....hahaha |
| Makanan pesenan aye |
| Ini loh minuman yang mengandung nama Justin Bieber |
| Menu yang gw pilih...maknyoosss |
Usai mengisi perut dengan sukses, gw sama kak ari langsung berkeinginan keliling-liling Kota Malang. Sasaran utama gw sebenernya Toko Oen atau Bakwan Malang Cak Man, tapi Kak Ari maunya ke alun-alun. "Kata temen gw alun-alun Kota Malang tuh bagus dan udaranya sejuk," itu alasannya Kak Ari. Jadilah kita langsung menawar becak yang kebanyakan dikemudikan oleh bapak-bapak tua. Feeling gw sih sebenernya bayar 10 aja, tapi pas tuh bapak tukang becak bilang 20rb, belom sempet gw tawar eh Kak Ari udah mengiyakan. Jadilah becak menuju alun-alun itu deal seharga 20rb.
Unik juga naik becak di siang menjelang sore itu. Kak Ari udah was was aja takut becaknya gak muat. Jujur aja dengan yang namanya becak gw sih masih gak asing, karena di tempat gw ngajar juga banyak tukang becak yang wara wiri. Terakhir gw naik becak waktu abis pulang home visit ke rumah salah seorang murid.
| Jalanan Kota Malang yang menurut gw sangat bersih |
| Beeeeuuhhh...jalanan kayak gini jarang keliatan di Jakarta |
| Lalu lintas yangbelum terlalu padat |
| Tertib mematuhi peraturan lalu lintas |
| Salah satu Gereja terbesar di Malang |
| Another Church in Malang |
Dan sampailah kami di Alun-alun Kota Malang! Pada saat itu langit emang udah hitam banget. Padahal, awal nyampe tadi puanasse polll!
"Apaan nih alun-alunnya cuma gini doang? Masih bagusan taman di komplek rumah gw! Gila bohong besar banget!" Kak Ari tiba-tiba protes pas baru aja sampe di alun-alun.
"Emang yang dibialng kayak gimana Kak?"
"Katanya bagus banget, bersih, ini mah sama aja sama yang di Jakarta. Bagusan di Jakarta malah,"
" Big Fat Liar berarti kak temennya!"
Alun-alun ini adalah centralnya dari Kota Malang. Di sekeliling alun-alun ini ada beberapa gedung pemerintahan, masjid jami, pusat perbelanjaan, toko-toko dan tukang makanan. Di dalam alun-alun ini ada kolam besar, bangku-bangku taman, dan beberapa kandang burung. Di alun-alun ini juga merupakan wifi zone, jadi bisa ngalay di jejaring sosial deh.
Baru sempet narsis-narsian beberapa foto eh tiba-tiba hujan turun. Gw sih tadinya mau lari ke Masjid yang ada di seberang alun-alun, tapi Kak Ari nyuruh bertahan di bawah pohon. And hasilnya...... gw sama Kak Ari langsung keujanan!
Sebenernya sih gak masalah juga sama yang namanya basah, cuma pada saat itu gw lagi megang kamera bo! Karena hujan semakin besar dan gak ada tanda-tanda akan reda, gw langsung lari ke tempat berteduh yang lebih aman, yaitu di bawah pohon beringin. Tapi nyatanya masih juga kebasahan. Eh gak lama, abang tukang becak yang nungguin kita langsung nyamperin gw buat neduh di dalam becaknya. Langsung deh gw lari masuk ke dalam becak. Dan tukang becak itu langsung nyamperin Kak Ari yang juga udah basah kuyup. Langsung minta balik ke hotel.
| Suasana alun-alun |
| Masjid yang berada di sebelah utara alun-alaun |
| Masjidnya sedang direnovasi |
| Mejeng di depan masjid |
Sesampainya di hotel, petugas hotel langsung memberikan kami payung pas mau turun dari becak. Kak Ari yang berjiwa sosial menambahkan bayaran becak tersebut menjadi 30rb. But, You know what?? Tukang becak itu minta ditambahin lagi sepuluh ribu! Jadi totalnya 40rb! Omigod! Terpaksa deh Kak Ari ngasih tambahan. Dengan sedikit gondok gw sama kak ari langsung masuk ke dalam hotel dengan basah2an. Petugas hotel yang tadi ngasih kita payung kayaknya langsung negor tuh tukang becak pake bahasa Jawa. Tapi gw sama Kak ari langsung ngeloyor ke dalam. BIG FAT LIAR!
Ganti baju, charger hp, setelah itu kita istirahat karena malam mau ke Bromo tepat jam 12 malam. Malam ini kita makan sate dan sop kambing di H.Poniran yang letaknya ada di sebelah hotel. Lumayan enak lah masakannya.
| Sate ayam dicampur kambing dan sop kambing ples teh manis hangat |
| kenyaaaaaang |
| daftar harga |
Pas mau jalan lagi hujan besar langsung mengguyur. Terpaksa deh nunggu di pinggiran jalan. Tapi kenapa hujannya jadi gak berenti-berenti ya? Hampir sejaman deh kita tunggu, eh pas reda langsung cabut nyari mini market buat beli persiapan nanti malam ke Bromo. But, lagi-lagi di tengah jalan hujan tambah deras, jadi deh kita keujanan lagi untuk kedua kalinya. Setelah tanya sana sini di mana tuh mini market, akhirnya ketemu deh. Setelah itu langsung cabut ke hotel. Nyari becak gak ketemu2, angkot juga udah jarang. Akhirnya balik ke hotel jalan kaki lagi dengan kondisi tubuh basaaaaaahhhhh untuk kedua kalinya. Tapi basah kali ini gak seheboh sore tadi.
Sampe di hotel langsung deh ganti baju, siap-siapin segala sesuatunya buat tour nanti malam, setelah itu langsung terlelap tidur....zzzzzzzz....
Pelajaran terbesar hari ini adalah, hati-hati dengan harga-harga. Misal pas naik becak, atau beli barang, usahakan nawar menawar dulu dengan harga seminim mungkin. Dulu gw juga sempet di posisi Kak ari yang gak bisa dan berani nawar. Tapi setelahnya gw berani nawar-nawar sampai harga sekecil mungkin. Sempet sih temen-temen gw protes klo nawarnya udah kebangetan, tapi ya emang harus ada transaksi tawar menawar. Walaupun pada akhirnya gw juga lebihin harganya. Karena klo kita langsung nanya harga, biasanya langsung ditembak. Apalagi klo kita yang gak kenal lingkungan dan gak ngerti bahasa setempat, makin tambah dimahalin. Ada baiknya sih survey harga-harga dulu sebelum sampai di tempat tujuan. Paling gak, lo gak akan terlalu rugi atau mengalami nasib dikibulin. Apalagi buat backpacker yang juga budgetnya gak banyak2 amat. Jadi ngapain takut nawar menawar?
Dan result for this day, hujan kadang bisa membuat rencana buyar. Tapi mau diapain lagi? Gak mungkin kan protes sama Allah? Klo bisa sih bawa payung buat jaga-jaga. Ya, hari pertama di Malang cukup menyenangkan. Namun emang beberapa kenyataan gak sesuai sama harapan. Next, gw akan ceritain betapa serunya perjalanan ke Bromo!
***
Itenary hari pertama
11.45 - 12.00 Nyampe di hotel Helios dan booking perjalanan ke Bromo and Pulau Sempu
12.00 - 13.00 Sholat dzuhur+ashar, rapih-rapih, mandi
13.00 - 14.30 Makan siang di Kong Kow Cafe
14.30 - 16.00 Naik becak ke alun-alun
16.00 - 16.30 Balik ke hotel
16.30 - 18.30 Istirahat dan mandi
18.30 - 19.30 Sholat maghrib+isya, tilawah
19.30 - 20.30 Makan sate dan sop di H. Poniran
20.30 - 21.30 Nyari-nyari mini market dan belanja keperluan pribadi
21.30 - 22.00 Kembali ke Hotel
22.00 - 23.45 Istirahat
Budget
Untuk makan sengaja gak dimasukkin karena sesuai selera masing-masing
1. Kereta ekonomi AC Majapahit Ps. Senen - Malang = Rp. 200.000,-
2. Penginapan di Hotel Helios 3 hari 2 malam standard fan = Rp. 400.000,- (per orang Rp. 200.000,-)
3. Travel ke Bromo = Rp. 450.000,-
TOTAL : Rp. 850.000,- / orang (diluar makan dan jajan)
Kalau gak mau pake EO untuk ke Bromonya mungkin bisa lebih murah, namun ya mungkin juga lebih ribet. Ngebayangin bis yang ngetem, ganti bus, dll, yang terbaik bagi gw adalah ikut EO aja...hahahha... Sebanding lah, ada harga ada kualitas.
***
Jakarta, 2nd July 2013
00.39 pm
Totally boring!
No comments:
Post a Comment