Sampe rumah gw langsung ganti baju, pake sepatu and chao! Nyokap gw juga sempet bingung, karena doi kayak yang gak biasa sama yang namanya backpakeran...heheheh... jadi buat doi tuh aneh aja.
Rencana ke Pasar Senen-nya sih mau naik bajaj or Ojek, tapi pada kenyataannya tuh dua kendaraan malah gak muncul-muncul. Ditambah lagi mau naik taksi, setiap yang lewat selalu penuh. Dan hellooo... itu terjadi selama 30 menit! Sampai akhirnya taksi EXPRESS muncul. Mau gak mau harus chao dengan segera nih karena kereta berangkat jam 15.15, dan saat itu jam sudah menunjukkan pukul 14.00!
Kak Ari ditelepon gak diangkat-angkat. Jadi makin deg-deg an aja, apakah perjalanan ini bakal jadi atau malah jadi single trip. And penderitaan belom sampai disitu, ternyata sang supir adalah sopir tembak! Dia sopir angkot yang baru bawa taksi sehingga gak tau jalan menuju stasiun pasar senen! Omigod! Pantes gw liat foto di kartu identitas pengemudi sama wajah aslinya, beda banget. Ternyata sopir cabutan toh.
Setelah memberikan petunjuk arah pada pak sopir, akhirnya nyampe juga di stasiun Pasar Senen. Argonya dari rumah gw di Menteng Pulo, sekitar Rp. 21.500,- karena gw baik hati, tidak sombong dan rajin menabung, maka gw bayar deh Rp. 25.000,-.
Segera gw kontek-kontekan sama Kak Ari yang juga belom nyampe. Setelah beberapa menit baru deh ketemu sama Kak Ari. Karena kita beli tiket secara online, maka kita harus menukarkan tiket tersebut terlebih dahulu di loket khusus, untuk diganti dengan tiket kereta yang asli. Syarat untuk menukarkan bukti struk pembelian online kita dengan tiket yang asli adalah dengan menyerahkan KTP nama penumpang yang bersangkutan.
Ada kejadian yang bikin gw gondok pas di loket antrian. Lo tau kan, gw dan beberapa orang yang lain udah sampe duluan udah antri yang cukup panjang. Tiba-tiba di depan gw ada orang dengan ciri khas suku tertentu yang bergaya parlente sok-sok an dan nyantai banget. Padahal waktu keberangkatan tinggal 25 menit lagi dan antrian masih mengular panjang. Yang lebih BT nya lagi, tiba-tiba ada seorang wanita yang minta izin menyelak eh sama tuh orang dikasih aja. Lanjut lagi seorang bapak dan anak muda, sampe bikin gw ngotot dong. Tapi akhirnya petugas pengamanan yang teriak kalo yang mau nukerin tiket kereta Majapahit bisa didahulukan. Omigod! Indonesia oh Indonesia....
Mauk loket menuju peron kereta, tiket kita akan diperiksa lagi dan diberi cap oleh petugas. Syaratnya juga sama, harus menyerahkan KTP asli. Petugas akan memeriksa apakah nama yang tertera di tiket sama dengan yang tertera di KTP. Kalau sudah OK, maka kita masuk ke dalam peron. Oiya, saran gw juga nih, sebaiknya sebelum masuk peron udah beli makanan or minuman dulu di luar area peron, karena di dalam peron sudah gak ada yang jualan. Kalaupun ada yang jualan, harganya relatif lebih mahal.
Gak lama gw nunggu, sambil duduk ngemper di bawah, Kereta Ekonomi AC Majapahit jurusan Pasar Senen - Malang pun tiba. You know what, everything that I see on that day was so really different! Dulu zaman-zaman gw kuliah di Yogja, stasiun Pasar Senen tuh kumuh banget! Tapi sekarang udah lumayan bersih. Bahkan pengantar aja dilarang masuk ke dalam peron. Beyond expectation!
| Stasiun Pasar Senen yang sudah "membaik" |
| Sudah lebih bersih dari sebelumnya. Good Job! |
Dan sesampai gw di dalam kereta ekonomi AC Majapahit, taaarrraaaaaa....!!!! Lagi-lagi beyond my expectation! Keretanya bersih, rapih, dan gak sumpek. Bangku agak lebih bagus dengan ruang antar penumpang yang cukup lapang. Dalam ruangan juga lumayan dingin karena AC nya. Di salah satu dindingnya ada petunjuk elektronik yang memberitahukan kita nomor gerbong kereta, dan sudah sampai stasiun mana aja.Awesome! Saat gw inspeksi toiletnya juga bersih dan lumayan lah keadaannya dari zaman-zaman yang dulu. Jadwal keberangkatan? Tepat waktu BO! Weeedeeewww.... udah ada kemajuan nih Indonesia.
Setelah kereta melaju, petugas pemeriksa karcis langsung memeriksa karcis penumpang. Jadi kemungkinan kecil untuk menambah-nambah penumpang di luar karcis yang telah diterbitkan. Mereka juga memastikan bahwa semua penumpang duduk sesuai nomer yang tertera ditiket mereka. And satu lagi yang bikin gw makin tambah kagum, di kereta ini ada larangan NO SMOKING! Bebas deh gw dari asap putih mematikan itu :)
Tak lama, petugas restorasi juga datang menawarkan makanan dan minuman serta makanan ringan. Inget ye, klo gak bawa duit banyak2 amat, and klo masih bisa nahan2 lapar, mending gak usah beli makanan di mari deh. Harganya amat sangat mencekik. Bayangin aja, indomie goreng yang biasanya gw beli sekitar 5000-6000 an, di dalam kereta berubah jadi 20.000! Seporsi nasi goreng teri dengan porsi yang amat sedikit juga dihargai 20.000! Nasi ples rawon juga seharga 25.000! belom lagi minumannya yang juga mahal-mahal. Kalo gak terpaksa-terpaksa amat mending gak usah beli makanan or minuman di atas kereta deh. Apalagi buat gw yang backpackeran. Tapi karena keberangkatan kita yang terburu-buru, akhirnya pada lupa bawa and beli makanan. Jadilah kami terpaksa pesen makanan tersebut.
Jadilah perjalanan Jakarta-Malang menjadi sedikit nyaman walaupun keretanya hanya ekonomi.
| rute perjalanan yang tertempel |
Tapi ada juga nih perhatian khusus dari gw, amat sangat disayangkan banyak pengguna kereta ini yang tidak melaksanakan sholat! Mungkin karena mereka gak tau tata cara sholat saat berada di dalam kendaraan atau mereka memang bukan muslim. Sepertinya cuma gw sama Kak Ari aja yang sholat sambil duduk bergantian. Ya, sangat ironis sekali.
Hal lain yang juga amat sangat disayangkan adalah penundaan perjalanan di beberapa stasiun. Kayak kasus gw, yang harus berhenti lama si stasiun Pekalongan lebih dari 1 jam! Dari gw tidur sampe gw bangun lagi, kereta masih aja di Pekalongan. Hmmm.... akibatnya, seharusnya gw sampe Malang jam 07.45, jadi molor jam 11.45! Ya ampyuuunnn....... Sebagai kompensasi keterlambatan, pihak KAI memberikan para penumpangnya sebuah pop mie and air mineral botol sedang! Gw yang udah lapar berat rasanya pengen deh bejek-bejek orang...hahahaha....
Tips dari gw sih biar gak BT menempuh perjalanan jauh yang belum pernah kita alami sebelumnya, selain ngobrol dengan teman lo, bisa juga diisi dengan baca buku, tilawah Qur'an, dengerin musik, ngalay di FB, update tiap masuk daerah baru :) , mainin tab, and tidur. Jadi paling gak perjalanan yang cukup membuat pegal kaki itu jadi gak terasa jauh gitu. Ya, intinya naik kereta api hari itu really beyond expectation banget deh! heheheh....
| Bangku yang cukup nyaman |
| Semoga KAI get better and better |
| See the outside view |
| Pemandangan di luar |
| Pemandangan di luar |
| Finally, Arrive in Malang! |
| Plang nama di setiap stasiun besar yang dilewati |
Jakarta, 27th June 2013
My room, 23.59 pm
GALAW!
No comments:
Post a Comment